***SELAMAT DATANG DI WEBSITE QUHAS SCHOOL YPT DAR AL-MASALEH JAMBI***

Khutbah Idul Adha : "Kurban, Pengorbanan dan Kemanusiaan (Teladan Kurban Nabi Ibrahim alaihi salam) " Ust Dr H Hasbullah Ahmad, MA


Khutbah Idul Adha 1442 H/2021 M

Masjid al Jami’ah Telanaipura

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

"Kurban, Pengorbanan dan Kemanusiaan

(Teladan Kurban Nabi Ibrahim alaihi salam) "

Ust Dr H Hasbullah Ahmad, MA

(Owner Sekolah Qur’an Hadis dan Sains Jambi, Dosen Tetap Ilmu al-Qur’an, tafsir dan Hadis UIN STS Jambi, Wakil Rois Syuriah PWNU Provinsi Jambi dan Ketua Komite Dakwah Khusus MUI Kota, Wakil Pimpinan Ponpes PKP al Hidayah Jambi)

 

Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ. Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ. Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ. Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ْ ŁƒَŲØِŁŠْŲ±ًŲ§ ŁˆَŲ§Ł„ْŲ­َŁ…ْŲÆُ Ł„Ł„Ł‡ِ ŁƒَŲ«ِŁŠْŲ±ًŲ§ ŁˆَŲ³ُŲØْŲ­َŲ§Ł†َ Ų§Ł„Ł„Ł‡ِ ŲØُŁƒْŲ±َŲ©ً ŁˆَŲ£َŲµِŁŠْŁ„Ų§ً، Ł„َŲ§Ų„ِŁ„Ł‡َ Ų„ِŁ„Ų§َّ Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ ŁˆَŲ­ْŲÆَŁ‡ُ، ŲµَŲÆَŁ‚َ ŁˆَŲ¹ْŲÆَŁ‡ُ ŁˆَŁ†َŲµَŲ±َ Ų¹َŲØْŲÆَŁ‡ُ ŁˆَŲ£َŲ¹َŲ²َّ Ų¬ُŁ†ْŲÆَŁ‡ُ ŁˆَŁ‡َŲ²َŁ…َ Ų§Ł„ْŲ£َŲ­ْŲ²َŲ§ŲØَ ŁˆَŲ­ْŲÆَŁ‡ُ، Ł„Ų§َŲ„ِŁ„Ł‡َ Ų„ِŁ„Ų§َّ Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ ŁˆَŲ§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ ŁˆَŁ„Ł„Ł‡ِ Ų§ْŁ„Ų­َŁ…ْŲÆُ. Ų§َŁ„ْŲ­َŁ…ْŲÆُ Ł„Ł„Ł‡ِ Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠْ Ų£َŁ…َŲ§ŲŖَ Łˆَ Ų£َŲ­ْŁŠَŁ‰. Ų§َŁ„ْŲ­َŁ…ْŲÆُ Ł„Ł„Ł‡ِ Ų§Ł„ًّŲ°ِŁŠْ Ų£َŁ…َŲ±َŁ†َŲ§ ŲØِŲ§Ł„ŲŖَّŁ‚ْŁˆَŁ‰ Łˆَ Ł†َŁ‡َŲ§Ł†َŲ§ Ų¹َŁ†ِ Ų§ŲŖِّŲØَŲ§Ų¹ِ Ų§Ł„ْŁ‡َŁˆَŁ‰. Ų§َŁ„ْŲ­َŁ…ْŲÆُ Ł„Ł„Ł‡ِ Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠْ Ų¬َŲ¹َŁ„َ Ł„َŁ†َŲ§ Ų¹ِŁŠْŲÆَ Ų§Ł„ْŁِŲ·ْŲ±ِ Łˆَ Ų§ْŁ„Ų£َŲ¶ْŲ­َŁ‰. Ų£َŲ“ْŁ‡َŲÆُ Ų£َŁ†ْ Ł„Ų§َ Ų§ِŁ„َŁ‡َ Ų„ِŁ„Ų§َّ Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ł†ِŲ¹ْŁ…َ Ų§Ł„ْŁˆَŁƒِŁŠŁ„ ŁˆَŁ†ِŲ¹ْŁ…َ Ų§Ł„ْŁ…َŁˆْŁ„َŁ‰، ŁˆَŲ£َŲ“ْŁ‡َŲÆُ Ų£َŁ†َّ Ų³َŁŠِّŲÆَŁ†َŲ§ Ł…ُŲ­َŁ…َّŲÆًŲ§ Ų¹َŲØْŲÆُŁ‡ُ ŁˆَŲ±َŲ³ُŁˆْŁ„ُŁ‡ُ Łˆَ Ł…َŁ†ْ ŁŠُŁ†ْŁƒِŲ±ْŁ‡ُ ŁَŁ‚َŲÆْ Ų¶َŁ„َّ Ų¶َŁ„Ų§َŁ„Ų§ً ŲØَŲ¹ِŁŠŲÆًŲ§. Łˆَ ŲµَŁ„َّŁ‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų¹َŁ„َŁ‰ Ų³َŁŠِّŲÆِŁ†َŲ§ Łˆَ Ų­َŲØِŁŠْŲØِŁ†َŲ§ Ų§Ł„ْŁ…ُŲµْŲ·َŁَŁ‰، Ł…ُŲ­َŁ…َّŲÆٍ Ł†َŲØِŁŠِّ Ų§Ł„ْŁ‡ُŲÆَŁ‰، Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠْ Ł„Ų§َ ŁŠَŁ†ْŲ·ِŁ‚ُ Ų¹َŁ†ْ Ų§Ł„ْŁ‡َŁˆَŁ‰، Ų„ِŁ†ْ Ł‡ُŁˆَ Ų„ِŁ„Ų§َّ ŁˆَŲ­ْŁŠٌ ŁŠُŁˆْŲ­َŁ‰، Łˆَ Ų¹َŁ„َŁ‰ Ų§َŁ„ِŁ‡ِ Łˆَ Ų£َŲµْŲ­َŲ§ŲØِŁ‡ِ Ų£َŁ‡ْŁ„ِ Ų§Ł„ŲµِّŲÆŁ‚ِ Łˆَ Ų§Ł„ْŁˆَŁَŲ§. Ų§َŁ„Ł„َّŁ‡ُŁ…َّ Ų§Ų¬ْŲ¹َŁ„ْŁ†َŲ§ Ł…ِŁ…َّŁ†ْ Ų§ِŲŖَّŲØَŲ¹َŁ‡ُŁ…ْ ŲØِŲ„ِŲ­ْŲ³َŲ§Ł†ٍ Ų„ِŁ„َŁ‰ ŁŠَŁˆْŁ…ِ Ų§Ł„ْŲ¬َŲ²َŲ§. Ų£َŁ…َّŲ§ ŲØَŲ¹ْŲÆُ: ŁَŁŠَŲ§Ų£ŁŠُّŁ‡َŲ§ Ų§Ł„Ų­Ų§Ų¶Ų±ŁˆŁ†، Ų£ُŁˆْŲµِŁŠْŁƒُŁ…ْ Łˆَ Ł†َŁْŲ³ِŁŠْ ŲØِŲŖَŁ‚ْŁˆَŁ‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡ِ ŁˆَŲ·َŲ§Ų¹َŲŖِŁ‡ِ Ł„َŲ¹َŁ„َّŁƒُŁ…ْ ŲŖُŁْŁ„ِŲ­ُŁˆْŁ†ْ، Ł‚َŲ§Ł„َ Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ ŲŖَŲ¹َŲ§Ł„Ł‰َ ŁِŁŠ Ų§ْŁ„Ł‚ُŲ±ْŲ§Ł†ِ Ų§ْŁ„ŁƒَŲ±ِŁŠŁ…ْ: Ų£َŲ¹ُŁˆْŲ°ُ ŲØِŲ§Ł„Ł„Ł‡ِ Ł…ِŁ†َ Ų§Ł„َّŲ“ŁŠْŲ·َŲ§Ł†ِ Ų§Ł„Ų±َّŲ¬ِŁŠْŁ…، ŲØِŲ³ْŁ…ِ Ų§Ł„Ł„Ł‡ِ Ų§Ł„Ų±َّŲ­ْŁ…َŁ†ِ Ų§Ł„Ų±َّŲ­ِŁŠْŁ…ْ Ų„ِŁ†َّŲ§ Ų£َŲ¹ْŲ·َŁŠْŁ†َŲ§Łƒَ Ų§Ł„ْŁƒَŁˆْŲ«َŲ±َ. ŁَŲµَŁ„ِّ Ł„ِŲ±َŲØِّŁƒَ ŁˆَŲ§Ł†ْŲ­َŲ±ْ. Ų„ِŁ†َّ Ų“َŲ§Ł†ِŲ¦َŁƒَ Ł‡ُŁˆَ Ų§Ł„ْŲ£َŲØْŲŖَŲ±ُ. ŲµَŲÆَŁ‚َ Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų§Ł„Ų¹َŲøِŁŠŁ…ْ 

Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ ŁˆŁ„Ł„Ł‡ Ų§Ł„Ų­Ł…ŲÆ  

Jamaah shalat Idul Adha hadĆ¢kumullĆ¢h, 

Segala puji bagi Allah swt, yang telah menganugerahkan berjuta kenikmatan kepada kita di antaranya adalah kenikmatan beridul adha walau dalam suasana pandemi Covid-19 yang belum juga mereda.

Semua ini harus kita syukuri sebagai hamba yang tahu diri, karena segala yang terjadi di muka bumi ini, Allahlah yang paling mengerti. Pada tahun ini, kita kembali merayakan Idul Adha dalam keterbatasan. Gelombang kedua penyebaran Covid-19 di tanah air yang terus mengalami lonjakan, membuat pemerintah mengambil kebijakan ketat dalam rangka wujud perlindungan.

Tidak semua daerah bisa melaksanakan kegiatan Ibadah shalat Idul Adha sebagaimana biasa. Begitu juga ibadah kurban yang selalu mengiringi hari raya ini pun tidak serta merta bisa dilaksanakan dengan leluasa. Sekali lagi, ini adalah wujud ikhtiar kita bersama untuk menjaga diri, sehingga negeri ini mampu melewati takdir yang telah didatangkan oleh Allah yang Maha Tinggi.

ŲŖَŲµَŲ±ُّŁُ Ų§Ł„ْŲ£ِŁ…َŲ§ِŁ… Ų¹َŁ„َŁ‰ Ų§Ł„Ų±َّŲ§Ų¹ِŁŠَّŲ©ِ Ł…َŁ†ُŁˆْŲ·ٌ ŲØِŲ§Ł„ْŁ…َŲµْŁ„َŲ­َŲ©ِ

“Tindakan pemerintah terhadap rakyatnya dilakukan berdasarkan kemaslahatan.”

 Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ ŁˆŁ„Ł„Ł‡ Ų§Ł„Ų­Ł…ŲÆ  

Jamaah Idul Adha yang dirahmati Allah swt, 

Dalam situasi sulit yang sedang melanda, Hari Raya Idul Adha tak boleh kehilangan makna dan esensinya. Idul Adha mengajarkan kepada kita bagaimana berani berkorban dengan apa yang kita punya untuk membatu orang lain yang membutuhkan uluran tangan kita. Di antaranya adalah dengan ibadah kurban yang merupakan wujud pengorbanan untuk kemanusiaan pada sesama. Kita harus bisa mengambil hikmah mulia, ketika Allah swt memerintahkan Nabi Ibrahim as untuk menyembelih putra semata wayangnya, Nabi Ismail as. Perintah suci ini mengandung makna bahwa hidup perlu pengorbanan untuk memperkuat tali persaudaraan antarsesama. 

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia merupakan makhluk yang membutuhkan orang lain dalam mewujudkan eksistensi. Maka ketika kita ada kelebihan rezeki dan bisa berkorban dengan kurban bagi orang lain di tengah pandemi, alangkah baiknya tidak ditunda-tunda lagi.

Yakinlah, bahwa kurban kita akan diterima Allah swt dan akan dilipatgandakan pahalanya karena benar-benar mampu membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan dan duka. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah ra Rasulullah bersabda:

Ł…َŁ†ْ Ł†َŁَّŲ³َ Ų¹َŁ†ْ Ł…ُŲ¤ْŁ…ِŁ†ٍ ŁƒُŲ±ْŲØَŲ©ً Ł…ِŁ†ْ ŁƒُŲ±َŲØِ Ų§Ł„ŲÆُّŁ†ْŁŠَŲ§ Ł†َŁَّŲ³َ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ُ Ų¹َŁ†ْŁ‡ُ ŁƒُŲ±ْŲØَŲ©ً Ł…ِŁ†ْ ŁƒُŲ±َŲØِ ŁŠَŁˆْŁ…ِ Ų§Ł„ْŁ‚ِŁŠَŲ§Ł…َŲ©ِ ŁˆَŁ…َŁ†ْ ŁŠَŲ³َّŲ±َ Ų¹َŁ„َŁ‰ Ł…ُŲ¹ْŲ³ِŲ±ٍ ŁŠَŲ³َّŲ±َ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ُ Ų¹َŁ„َŁŠْŁ‡ِ ŁِŁ‰ Ų§Ł„ŲÆُّŁ†ْŁŠَŲ§ ŁˆَŲ§Ł„Ų¢Ų®ِŲ±َŲ©ِ 

Artinya: “Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mukmin dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat.

Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ ŁˆŁ„Ł„Ł‡ Ų§Ł„Ų­Ł…ŲÆ 

Jamaah Idul Adha yang dirahmati Allah swt,

Kenapa peristiwa Nabi Ibrahim 'alaihissalam yang dijadikan model kurban dalam ajaran Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam? Tentu karena di dalamnya ada hikmah keteladanan yang sangat agung. Kepada Nabi Ibrahim 'alaihissalam umat Islam dapat belajar bagaimana melakukan ibadah kurban yang baik dan benar.

Pelajaran tersebut dapat kita peroleh dalam beberapa hal berikut:   

Pelajaran pertama, dalam beragama ada suatu keadaan di mana kita harus meninggalkan akal fikiran kita. Mengesampingkan rasionalitas, kemudian beralih pada ketundukan serta kepasrahan total kepada Ilahi Rabbi. Dalam kajian hukum Islam dikenal hukum yang bersifat ta'aqquli dan ta'abbudi.

Ta'aqquli artinya masuk akal. Yakni ketika suatu syariat dibebankan dan manusia bisa menalar karena sesuai dengan kemampuan berfikir manusia. Allah memerintahkan sedekah, zakat, menolong sesama, berbakti kepada orang tua. Allah melarang mencuri, korupsi, konsumsi narkoba, membunuh, pergaulan bebas dan semacamnya. Semua ini adalah sesuai dengan naluri dan akal sehat manusia.   

Di sisi lain, ta'abbudi adalah hukum yang dogmatis. Tidak bisa dinalar, di luar kemampuan akal manusia. Aturan tentang shalat, puasa, dan haji adalah bagian dari urusan yang bersifat ta'abbudi. Kita tidak bisa mempertanyakan apalagi menggugat kenapa shalat Dhuhur, Ashar dan Isya’ empat rakaat, sedangkan Maghrib tiga rakaat dan Subuh dua rakaat. Rasionalitas dikesampingkan karena yang ada hanyalah kepasrahan dan kepatuhan total sebagai seorang hamba yang rindu untuk mendapat cinta dan sayang dari Tuhannya.   

Ketika menerima perintah Allah untuk menyembelih putranya, Nabi Ibrahim 'alaihissalam meyakini bahwa perintah itu adalah dogma yang harus harus dilaksanakan secara paripurna. Maka atas dasar keimanannya, tanpa pikir panjang Nabi Ibrahim 'alaihissalam siap melaksanakan perintah tersebut. Rasionalitas dimatikan, yang ada hanyalah ketundukan akan perintah Allah. Ini menunjukkan tingginya kualitas keimanan dan ketaqwaan Nabi Ibrahim 'alaihissalam, sehingga sangat pantas beliau mendapat gelar Khalilullah (kekasih Allah).   

Belajar dari Nabi Ibrahim 'alaihissalam, maka sudah sepantasnya setiap orang yang berkurban melaksanakannya seperti Nabi Ibrahim 'alaihissalam ketika berkurban. Segera berkurban ketika mampu melaksanakannya. Berkurban atas dasar tunduk dan patuh menjalankan perintah Allah, seraya berharap mendapatkan cinta, kasih dan ridha Allah. Bukan ingin pujian, karena gengsi, atau untuk meningkatkan status sosial.  

Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ ŁˆŁ„Ł„Ł‡ Ų§Ł„Ų­Ł…ŲÆ 

Jamaah Idul Adha yang dirahmati Allah swt,

Pelajaran kedua, dari Nabi Ibrahim 'alaihissalam bisa kita dapatkan dari pengalihan kurban manusia menjadi kambing. Perintah Allah kepada Nabi Ibrahim 'alaihissalam untuk menyembelih putranya hanya sekedar ujian keimanan, bukan perintah sesungguhnya. Hal ini sekaligus menjadi kritik sosial dari tradisi tumbal di berbagai budaya dan perabadan.

Sejarah kurban Nabi Ibrahim 'alaihissalam mengajarkan kepada kita bahwa kurban dalam Islam adalah ajaran humanis. Untuk menyembah Allah tidak boleh membahayakan diri sendiri, apalagi orang lain. Dalam hadits riwayat Ibn Abbas radhiyallahu 'anhu, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

Ł„Ų§َ Ų¶َŲ±َŲ±َ ŁˆَŁ„Ų§َ Ų¶ِŲ±َŲ§Ų±َ 

Artinya: "Tidak boleh membahayakan (mengorbankan) orang untuk kepentingan pribadi, dan tidak boleh mencegah orang lain mendapat kebaikan."  

Dalam Islam setiap bahaya harus dihilangkan. Bahkan untuk mendatangkan suatu kebaikan atau menghilangkan suatu bahaya, tidak boleh dengan menimbulkan bahaya lain. Ini adalah salah satu prinsip utama dalam ajaran Islam.  Kaidah fiqih menyebutkan:

Ų§َŁ„Ų¶َّŲ±َŲ±ُ ŁŠُŲ²َŲ§Ł„ُ 

Artinya, "Setiap mudarat harus dihilangkan."

Ų§َŁ„Ų¶َّŲ±َŲ±ُ Ł„Ų§َ ŁŠُŲ²َŲ§Ł„ُ ŲØِŲ§Ł„Ų¶َّŲ±َŲ±ِ

Artinya, "Suatu mudarat tidak bisa dihilangkan dengan mudarat yang lain."  

Dari sini maka seharusnya ajaran qurban menginspirasi setiap muslim untuk tidak hanya shaleh secara ritual, tetapi juga shaleh secara sosial. Menjaga keseimbangan hubungan kepada Allah dan kepada manusia, bahkan pada alam sekitar. Jargon Islam agama ramah bukan marah, bisa terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ ŁˆŁ„Ł„Ł‡ Ų§Ł„Ų­Ł…ŲÆ 

Jamaah Idul Adha yang dirahmati Allah swt,

Walaupun dalam qurban ada darah hewan yang dialirkan, namun bukan tujuan atau penilaian utama, karena yang dinilai Allah adalah ketakwaan dari orang-orang yang melaksanakannya.

 Ł„َŁ†ْ ŁŠَŁ†َŲ§Ł„َ Ų§Ł„Ł„Ł‡َ Ł„ُŲ­ُŁˆŁ…ُŁ‡َŲ§ ŁˆَŁ„َŲ§ ŲÆِŁ…َŲ§Ų¤ُŁ‡َŲ§ ŁˆَŁ„َŁƒِŁ†ْ ŁŠَŁ†َŲ§Ł„ُŁ‡ُ Ų§Ł„ŲŖَّŁ‚ْŁˆَŁ‰ Ł…ِŁ†ْŁƒُŁ…ْ ŁƒَŲ°َŁ„ِŁƒَ Ų³َŲ®َّŲ±َŁ‡َŲ§ Ł„َŁƒُŁ…ْ Ł„ِŲŖُŁƒَŲØِّŲ±ُŁˆŲ§ Ų§Ł„Ł„Ł‡َ Ų¹َŁ„َŁ‰ Ł…َŲ§ Ł‡َŲÆَŲ§ŁƒُŁ…ْ ŁˆَŲØَŲ“ِّŲ±ِ Ų§Ł„ْŁ…ُŲ­ْŲ³ِŁ†ِŁŠŁ†َ (Ų§Ł„Ų­Ų¬، 37(

Artinya, "Daging-daging onta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kalianlah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kalian supaya kalian mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik." (Al-Hajj: 37)

Kisah keteguhan iman dan kerelaan Nabi Ibrahim dalam mengorbankan sesuatu yang paling dicintainya, patut dicontoh oleh kita semua. Ketika kita mengorbankan sesuatu bagi sesama, maka marilah kita berikan yang terbaik untuk mereka. Kita tak perlu khawatir jika harta yang kita berikan di jalan Allah akan berkurang jumlahnya. Malah sebaliknya, Allah telah berjanji bahwa siapa saja memberikan yang terbaik dari hartanya dalam rangka kepatuhan menjalankan perintah-Nya, maka akan dilipatgandakan dengan jumlah yang tidak terduga-duga bagi siapa saja yang dikehendaki Allah swt. Hal ini ditegaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 261 berbunyi:

Ł…َŲ«َŁ„ُ Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠŁ†َ ŁŠُŁ†ْŁِŁ‚ُŁˆŁ†َ Ų£َŁ…ْŁˆَŲ§Ł„َŁ‡ُŁ…ْ ŁِŁŠ Ų³َŲØِŁŠŁ„ِ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ِ ŁƒَŁ…َŲ«َŁ„ِ Ų­َŲØَّŲ©ٍ Ų£َŁ†ْŲØَŲŖَŲŖْ Ų³َŲØْŲ¹َ Ų³َŁ†َŲ§ŲØِŁ„َ ŁِŁŠ ŁƒُŁ„ِّ Ų³ُŁ†ْŲØُŁ„َŲ©ٍ Ł…ِŲ§Ų¦َŲ©ُ Ų­َŲØَّŲ©ٍ ۗ ŁˆَŲ§Ł„Ł„َّŁ‡ُ ŁŠُŲ¶َŲ§Ų¹ِŁُ Ł„ِŁ…َŁ†ْ ŁŠَŲ“َŲ§Ų”ُ ۗ ŁˆَŲ§Ł„Ł„َّŁ‡ُ ŁˆَŲ§Ų³ِŲ¹ٌ Ų¹َŁ„ِŁŠŁ…ٌ

Artinya: "Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan harta mereka di jalan Allah adalah dengan butir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada setiap butir seratus biji. Allah (terus-menerus) melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui."

Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ ŁˆŁ„Ł„Ł‡ Ų§Ł„Ų­Ł…ŲÆ 

Jamaah Idul Adha yang dirahmati Allah swt,

Dalam konteks kekinian, kita harus menjunjung tinggi hak asasi manusia yakni hak untuk hidup, mendapatkan kesehatan, dan terjaga keselamatan jiwanya. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga mereda, kita tidak boleh egois dan abai sehingga menjadikan orang lain celaka.

Penerapan protokol kesehatan sebagai ikhtiar terhindar dari Covid-19 harus ditegakkan bersama. Tidak bisa hanya dilakukan oleh sebagian orang saja. Kedisiplinan kita dalam menjaga diri, yang dimulai dari diri sendiri, akan berdampak kepada keselamatan orang lain sehingga kemanusiaan pun bisa kita junjung tinggi. Allah swt berfirman dalam QS Al Maidah ayat 32:

Ł…َŁ†ْ Ł‚َŲŖَŁ„َ Ł†َŁْŲ³ًŲ§ۢ ŲØِŲŗَŁŠْŲ±ِ Ł†َŁْŲ³ٍ Ų§َŁˆْ ŁَŲ³َŲ§ŲÆٍ ŁِŁ‰ Ų§Ł„ْŲ§َŲ±ْŲ¶ِ ŁَŁƒَŲ§َŁ†َّŁ…َŲ§ Ł‚َŲŖَŁ„َ Ų§Ł„Ł†َّŲ§Ų³َ Ų¬َŁ…ِŁŠْŲ¹ًŲ§ۗ ŁˆَŁ…َŁ†ْ Ų§َŲ­ْŁŠَŲ§Ł‡َŲ§ ŁَŁƒَŲ§َŁ†َّŁ…َŲ§ٓ Ų§َŲ­ْŁŠَŲ§ Ų§Ł„Ł†َّŲ§Ų³َ Ų¬َŁ…ِŁŠْŲ¹ًŲ§

Artinya: “Barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia.”

Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ، Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ ŁˆŁ„Ł„Ł‡ِ Ų§Ł„ْŲ­َŁ…ْŲÆُ

Jamaah Idul Adha yang dirahmati Allah swt, 

Saat ini suasana pandemi benar-benar menyulitkan kehidupan kita. Ada yang kehilangan pekerjaan bahkan kehilangan anggota keluarga tercinta. Ini pun bagian dari ujian Allah kepada kita semua.  Karenanya menjadi penting untuk kita menjaga diri dari kebinasaan. Mari kita patuhi umara dan ulama dengan menjalankan prokes dan ikut divaksin.

 

Saatnya kita menyembelih arogansi kita, ego diri kita dan kengototan kita. Momen kurban tahun ini seyogyanya membuat kita lebih berserah diri, lebih sadar dan lebih lagi mengutamakan keselamatan diri dan keluarga.

 

Mari kita saling jaga, bukan malah saling menularkan virus corona. Kita saling bantu sesama tetangga yang sedang isoman, bukan malah mengucilkan atau menganggapnya sebagai aib. Mari kita jaga persatuan, bukan malah saling mencaci-maki berpecah belah di saat pandemi.

 

Mari kita filter segala ujaran kebencian dan berita hoaks, karena sungguh corona ini nyata dan sudah banyak yang wafat karenanya.

 

Semoga yang tengah sakit, Allah sembuhkan dan kuatkan. Semoga yang sehat, tetap terus sehat. Yang sudah wafat karena Covid, semoga Allah catat sebagai syuhada.

 

Demikianlah hikmah kurban yang merupakan wujud pengorbanan kita dalam rangka menjunjung tinggi kemanusiaan. Semoga kita akan menjadi sosok yang membawa kemaslahatan bagi sesama dan kehidupan kita senantiasa mendapatkan ridha dan keberkahan dari Allah swt. Amin Ya Rabb...

ŲØَŲ§Ų±َŁƒَ Ų§Ł„Ł„Ł‡ Ł„ِŁŠ ŁˆَŁ„َŁƒُŁ…ْ ŁِŁ‰ Ų§ْŁ„Ł‚ُŲ±ْŲ¢Ł†ِ Ų§ْŁ„Ų¹َŲøِŁŠْŁ…ِ، ŁˆَŁ†َŁَŲ¹َŁ†ِŁŠ ŁˆَŲ„ِŁŠَّŲ§ŁƒُŁ…ْ ŲØِŁ…َŲ§ŁِŁŠْŁ‡ِ Ł…ِŁ†ْ Ų¢ŁŠَŲ©ِ ŁˆَŲ°ِŁƒْŲ±ِ Ų§Ł„ْŲ­َŁƒِŁŠْŁ…ِ ŁˆَŲŖَŁ‚َŲØَّŁ„َ Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ł…ِŁ†َّŲ§ ŁˆَŁ…ِŁ†ْŁƒُŁ…ْ ŲŖِŁ„Ų§َŁˆَŲŖَŁ‡ُ ŁˆَŲ„ِŁ†َّŁ‡ُ Ł‡ُŁˆَ Ų§Ł„Ų³َّŁ…ِŁŠْŲ¹ُ Ų§Ł„Ų¹َŁ„ِŁŠْŁ…ُ، ŁˆَŲ£َŁ‚ُŁˆْŁ„ُ Ł‚َŁˆْŁ„ِŁŠ Ł‡َŲ°َŲ§ ŁَŲ£Ų³ْŲŖَŲŗْŁِŲ±ُ Ų§Ł„Ł„Ł‡َ Ų§Ł„Ų¹َŲøِŁŠْŁ…َ Ų„ِŁ†َّŁ‡ُ Ł‡ُŁˆَ Ų§Ł„ŲŗَŁُŁˆْŲ±ُ Ų§Ł„Ų±َّŲ­ِŁŠْŁ… 


Khutbah II

 Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ُ  Ų§َŁ„ْŲ­َŁ…ْŲÆُ Ł„Ł„Ł‡ِ Ų¹َŁ„Ł‰َ Ų„ِŲ­ْŲ³َŲ§Ł†ِŁ‡ِ ŁˆَŲ§Ł„Ų“ُّŁƒْŲ±ُ Ł„َŁ‡ُ Ų¹َŁ„Ł‰َ ŲŖَŁˆْŁِŁŠْŁ‚ِŁ‡ِ ŁˆَŲ§ِŁ…ْŲŖِŁ†َŲ§Ł†ِŁ‡ِ. ŁˆَŲ£َŲ“ْŁ‡َŲÆُ Ų£َŁ†ْ Ł„Ų§َ Ų§ِŁ„َŁ‡َ Ų„ِŁ„Ų§َّ Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ ŁˆَŲ§Ł„Ł„Ł‡ُ ŁˆَŲ­ْŲÆَŁ‡ُ Ł„Ų§َ Ų“َŲ±ِŁŠْŁƒَ Ł„َŁ‡ُ ŁˆَŲ£َŲ“ْŁ‡َŲÆُ Ų£Ł†َّ Ų³َŁŠِّŲÆَŁ†َŲ§ Ł…ُŲ­َŁ…َّŲÆًŲ§ Ų¹َŲØْŲÆُŁ‡ُ ŁˆَŲ±َŲ³ُŁˆْŁ„ُŁ‡ُ Ų§Ł„ŲÆَّŲ§Ų¹ِŁŠ Ų„Ł„Ł‰َ Ų±ِŲ¶ْŁˆَŲ§Ł†ِŁ‡ِ. Ų§Ł„Ł„Ł‡ُŁ…َّ ŲµَŁ„ِّ Ų¹َŁ„َŁ‰ Ų³َŁŠِّŲÆِŁ†َŲ§ Ł…ُŲ­َŁ…َّŲÆٍ ŁˆِŲ¹َŁ„َŁ‰ Ų§َŁ„ِŁ‡ِ ŁˆَŲ§َŲµْŲ­َŲ§ŲØِŁ‡ِ ŁˆَŲ³َŁ„ِّŁ…ْ ŲŖَŲ³ْŁ„ِŁŠْŁ…ًŲ§ ŁƒِŲ«ŁŠْŲ±ًŲ§. Ų£َŁ…َّŲ§ ŲØَŲ¹ْŲÆُ ŁَŁŠŲ§َ Ų§َŁŠُّŁ‡َŲ§ Ų§Ł„Ł†َّŲ§Ų³ُ Ų§ِŲŖَّŁ‚ُŁˆŲ§Ų§Ų§Ł„Ł„Ł‡َ ŁِŁŠْŁ…َŲ§ Ų£َŁ…َŲ±َ ŁˆَŲ§Ł†ْŲŖَŁ‡ُŁˆْŲ§ Ų¹َŁ…َّŲ§ Ł†َŁ‡َŁ‰ ŁˆَŲ§Ų¹ْŁ„َŁ…ُŁˆْŲ§ Ų£َŁ†َّ Ų§Ł„Ł„Ł‡َ Ų£َŁ…َŲ±َŁƒُŁ…ْ ŲØِŲ£َŁ…ْŲ±ٍ ŲØَŲÆَŲ£َ ŁِŁŠْŁ‡ِ ŲØِŁ†َŁْŲ³ِŁ‡ِ ŁˆَŲ«َŁ€Ł†َّŁ‰ ŲØِŁ…َŁ„Ų¢ Ų¦ِŁƒَŲŖِŁ‡ِ ŲØِŁ‚ُŲÆْŲ³ِŁ‡ِ ŁˆَŁ‚َŲ§Ł„َ ŲŖَŲ¹Ų§َŁ„َŁ‰ Ų„ِŁ†َّ Ų§Ł„Ł„Ł‡َ ŁˆَŁ…َŁ„Ų¢Ų¦ِŁƒَŲŖَŁ‡ُ ŁŠُŲµَŁ„ُّŁˆْŁ†َ Ų¹َŁ„Ł‰َ Ų§Ł„Ł†َّŲØِŁŠِّ ŁŠŲ¢ Ų§َŁŠُّŁ‡َŲ§ Ų§Ł„َّŲ°ِŁŠْŁ†َ Ų¢Ł…َŁ†ُŁˆْŲ§ ŲµَŁ„ُّŁˆْŲ§ Ų¹َŁ„َŁŠْŁ‡ِ ŁˆَŲ³َŁ„ِّŁ…ُŁˆْŲ§ ŲŖَŲ³ْŁ„ِŁŠْŁ…ًŲ§. Ų§Ł„Ł„Ł‡ُŁ…َّ ŲµَŁ„ِّ Ų¹َŁ„َŁ‰ Ų³َŁŠِّŲÆِŁ†َŲ§ Ł…ُŲ­َŁ…َّŲÆٍ ŲµَŁ„َّŁ‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡ُ Ų¹َŁ„َŁŠْŁ‡ِ ŁˆَŲ³َŁ„ِّŁ…ْ ŁˆَŲ¹َŁ„َŁ‰ Ų¢Ł„ِ Ų³َŁŠِّŲÆِŁ†Ų§َ Ł…ُŲ­َŁ…َّŲÆٍ ŁˆَŲ¹َŁ„َŁ‰ Ų§َŁ†ْŲØِŁŠŲ¢Ų¦ِŁƒَ ŁˆَŲ±ُŲ³ُŁ„ِŁƒَ ŁˆَŁ…َŁ„Ų¢Ų¦ِŁƒَŲ©ِ Ų§ْŁ„Ł…ُŁ‚َŲ±َّŲØِŁŠْŁ†َ ŁˆَŲ§Ų±ْŲ¶َ Ų§Ł„Ł„ّŁ‡ُŁ…َّ Ų¹َŁ†ِ Ų§ْŁ„Ų®ُŁ„َŁَŲ§Ų”ِ Ų§Ł„Ų±َّŲ§Ų“ِŲÆِŁŠْŁ†َ Ų£َŲØِŁ‰ ŲØَŁƒْŲ±ٍ ŁˆَŲ¹ُŁ…َŲ± ŁˆَŲ¹ُŲ«ْŁ…َŲ§Ł† ŁˆَŲ¹َŁ„ِŁ‰ ŁˆَŲ¹َŁ†ْ ŲØَŁ‚ِŁŠَّŲ©ِ Ų§Ł„ŲµَّŲ­َŲ§ŲØَŲ©ِ ŁˆَŲ§Ł„ŲŖَّŲ§ŲØِŲ¹ِŁŠْŁ†َ ŁˆَŲŖَŲ§ŲØِŲ¹ِŁŠ Ų§Ł„ŲŖَّŲ§ŲØِŲ¹ِŁŠْŁ†َ Ł„َŁ‡ُŁ…ْ ŲØِŲ§ِŲ­ْŲ³َŲ§Ł†ٍ Ų§ِŁ„َŁ‰ ŁŠَŁˆْŁ…ِ Ų§Ł„ŲÆِّŁŠْŁ†ِ ŁˆَŲ§Ų±ْŲ¶َ Ų¹َŁ†َّŲ§ Ł…َŲ¹َŁ‡ُŁ…ْ ŲØِŲ±َŲ­ْŁ…َŲŖِŁƒَ ŁŠَŲ§ Ų§َŲ±ْŲ­َŁ…َ Ų§Ł„Ų±َّŲ§Ų­ِŁ…ِŁŠْŁ†َ  Ų§َŁ„Ł„Ł‡ُŁ…َّ Ų§ŲŗْŁِŲ±ْ Ł„ِŁ„ْŁ…ُŲ¤ْŁ…ِŁ†ِŁŠْŁ†َ ŁˆَŲ§ْŁ„Ł…ُŲ¤ْŁ…ِŁ†َŲ§ŲŖِ ŁˆَŲ§ْŁ„Ł…ُŲ³ْŁ„ِŁ…ِŁŠْŁ†َ ŁˆَŲ§ْŁ„Ł…ُŲ³ْŁ„ِŁ…َŲ§ŲŖِ Ų§َŁ„Ų§َŲ­ْŁŠŲ¢Ų”ِ Ł…ِŁ†ْŁ‡ُŁ…ْ ŁˆَŲ§ْŁ„Ų§َŁ…ْŁˆَŲ§ŲŖِ Ų§Ł„Ł„Ł‡ُŁ…َّ Ų£َŲ¹ِŲ²َّ Ų§ْŁ„Ų„ِŲ³ْŁ„Ų§َŁ…َ ŁˆَŲ§ْŁ„Ł…ُŲ³ْŁ„ِŁ…ِŁŠْŁ†َ ŁˆَŲ£َŲ°ِŁ„َّ Ų§Ł„Ų“ِّŲ±ْŁƒَ ŁˆَŲ§ْŁ„Ł…ُŲ“ْŲ±ِŁƒِŁŠْŁ†َ ŁˆَŲ§Ł†ْŲµُŲ±ْ Ų¹ِŲØَŲ§ŲÆَŁƒَ Ų§ْŁ„Ł…ُŁˆَŲ­ِّŲÆِŁŠَّŲ©َ ŁˆَŲ§Ł†ْŲµُŲ±ْ Ł…َŁ†ْ Ł†َŲµَŲ±َ Ų§Ł„ŲÆِّŁŠْŁ†َ ŁˆَŲ§Ų®ْŲ°ُŁ„ْ Ł…َŁ†ْ Ų®َŲ°َŁ„َ Ų§ْŁ„Ł…ُŲ³ْŁ„ِŁ…ِŁŠْŁ†َ Łˆَ ŲÆَŁ…ِّŲ±ْ Ų£َŲ¹ْŲÆَŲ§Ų”َŲ§Ł„ŲÆِّŁŠْŁ†ِ ŁˆَŲ§Ų¹ْŁ„ِ ŁƒَŁ„ِŁ…َŲ§ŲŖِŁƒَ Ų„ِŁ„َŁ‰ ŁŠَŁˆْŁ…َ Ų§Ł„ŲÆِّŁŠْŁ†ِ. Ų§Ł„Ł„Ł‡ُŁ…َّ Ų§ŲÆْŁَŲ¹ْ Ų¹َŁ†َّŲ§ Ų§ْŁ„ŲØَŁ„Ų§َŲ”َ ŁˆَŲ§ْŁ„ŁˆَŲØَŲ§Ų”َ ŁˆَŲ§Ł„Ų²َّŁ„Ų§َŲ²ِŁ„َ ŁˆَŲ§ْŁ„Ł…ِŲ­َŁ†َ ŁˆَŲ³ُŁˆْŲ”َ Ų§ْŁ„ŁِŲŖَŁ†ِ ŁˆَŲ§ْŁ„Ł…ِŲ­َŁ†َ Ł…َŲ§ ŲøَŁ‡َŲ±َ Ł…ِŁ†ْŁ‡َŲ§ ŁˆَŁ…َŲ§ ŲØَŲ·َŁ†َ Ų¹َŁ†ْ ŲØَŁ„َŲÆِŁ†َŲ§ Ų§ِŁ†ْŲÆُŁˆŁ†ِŁŠْŲ³ِŁŠَّŲ§ Ų®Ų¢ŲµَّŲ©ً ŁˆَŲ³َŲ§Ų¦ِŲ±ِ Ų§ْŁ„ŲØُŁ„ْŲÆَŲ§Ł†ِ Ų§ْŁ„Ł…ُŲ³ْŁ„ِŁ…ِŁŠْŁ†َ Ų¹Ų¢Ł…َّŲ©ً ŁŠَŲ§ Ų±َŲØَّ Ų§ْŁ„Ų¹َŲ§Ł„َŁ…ِŁŠْŁ†َ. Ų±َŲØَّŁ†َŲ§ ŲøَŁ„َŁ…ْŁ†َŲ§ Ų§َŁ†ْŁُŲ³َŁ†َŲ§ŁˆَŲ§ِŁ†ْ Ł„َŁ…ْ ŲŖَŲŗْŁِŲ±ْ Ł„َŁ†َŲ§ ŁˆَŲŖَŲ±ْŲ­َŁ…ْŁ†َŲ§ Ł„َŁ†َŁƒُŁˆْŁ†َŁ†َّ Ł…ِŁ†َ Ų§ْŁ„Ų®َŲ§Ų³ِŲ±ِŁŠْŁ†َ  Ų±َŲØَّŁ†َŲ§ Ų¢ŲŖِŁ†Ų§َ ŁِŁ‰ Ų§Ł„ŲÆُّŁ†ْŁŠَŲ§ Ų­َŲ³َŁ†َŲ©ً ŁˆَŁِŁ‰ Ų§ْŁ„Ų¢Ų®ِŲ±َŲ©ِ Ų­َŲ³َŁ†َŲ©ً ŁˆَŁ‚ِŁ†َŲ§ Ų¹َŲ°َŲ§ŲØَ Ų§Ł„Ł†َّŲ§Ų±ِ.. Ų¹ِŲØَŲ§ŲÆَŲ§Ł„Ł„Ł‡ِ ! Ų„ِŁ†َّ Ų§Ł„Ł„Ł‡َ ŁŠَŲ£ْŁ…ُŲ±ُ ŲØِŲ§ْŁ„Ų¹َŲÆْŁ„ِ ŁˆَŲ§ْŁ„Ų„ِŲ­ْŲ³َŲ§Ł†ِ ŁˆَŲ„ِŁŠْŲŖŲ¢Ų”ِ Ų°ِŁŠ Ų§ْŁ„Ł‚ُŲ±ْŲØŁ‰َ ŁˆَŁŠَŁ†ْŁ‡َŁ‰ Ų¹َŁ†ِ Ų§ْŁ„ŁَŲ­ْŲ“Ų¢Ų”ِ ŁˆَŲ§ْŁ„Ł…ُŁ†ْŁƒَŲ±ِ ŁˆَŲ§ْŁ„ŲØَŲŗْŁŠِ ŁŠَŲ¹ِŲøُŁƒُŁ…ْ Ł„َŲ¹َŁ„َّŁƒُŁ…ْ ŲŖَŲ°َŁƒَّŲ±ُŁˆْŁ†َ ŁˆَŲ§Ų°ْŁƒُŲ±ُŁˆŲ§ Ų§Ł„Ł„Ł‡َ Ų§ْŁ„Ų¹َŲøِŁŠْŁ…َ ŁŠَŲ°ْŁƒُŲ±ْŁƒُŁ…ْ ŁˆَŲ§Ų“ْŁƒُŲ±ُŁˆْŁ‡ُ Ų¹َŁ„Ł‰َ Ł†ِŲ¹َŁ…ِŁ‡ِ ŁŠَŲ²ِŲÆْŁƒُŁ…ْ ŁˆَŁ„َŲ°ِŁƒْŲ±ُ Ų§Ł„Ł„Ł‡ِ Ų£َŁƒْŲØَŲ±ْ 


Label:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Ollustrator. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget